Minggu, 20 Maret 2016

Cara Mengobati Asam Urat secara Alami

Gout merupkan kondisi dimana kadar asam urat didalam tubuh melebihi kadar normal, dimana jika terus dibiarkan kelebihan asam urat ini akan menumpuk dan menjadi kristal asam urat yang akan menimbulkan rasa nyeri di area persendian. Kondisi ini seringkali membuat penderitanya menjadi kesulitan dalam berkativitas karena persendian tersebut menjadi sulit bahkan benar-benar tidak bisa digerak sama sekali atau mengalami kelumpuhan. Selain itu asam urat juga dapat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit, mulai dari diabetes melitus sampai gagal ginjal. Untuk mengatasinya artikel ini akan menjelaskan mengenai cara mengobati asam urat secara alami.

Cara Mengobati Asam Urat secara Alami

Penyebab dan Gejala yang ditimbulkan

Secara umum kadar asam urat yang normal berada dalam kisaran 3.5 mg/dL - 7mg/dL untuk Pria, sedangkan untuk wanita berada dalam kisaran 2,6 mg/dL - 6mg/dL. Biasanya penderita tidak menyadari jika kadar asam urat dalam tubuhnya tinggi, hal ini dikarenakan seringkali gangguan tersebut tidak meninmbulkan gejala yang spesifik, oleh karena itu disarankan untuk selalu melakukan pengecekan kadar asam urat Anda Ke Laboratorium. Tingginya kadar asam urat didalam tubuh ini dapat disebabkan oleh banyak faktor namun penyebab yang paling umum adalah kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan zat putin yang tinggi seperti jeroan.

Meskipun seringkali tidak menimbulkan gejala namun, pada umumnya asam urat dapat menimbulkan beberapa perubahan pada kondisi tubuh hal ini disebut dengan gejala asam urat yang meliputi:

Rasa nyeri pada area persendian yang biasanya timbul pada malam hari serta pagi hari dan terjadi secara berulang. Secara umum lokasi yang sering diserang asam urat adalah persendian pada jari tangan, jari kaki, sendi dengkul, sendi siku, pergelangan tangan dan tumit.

Selain merasa nyeri pada area persendian, asam urat juga menyebabkan timbulnya linu, ngilu sampai kesemutan.

Terjadinya peradangan yang ditandai dengan pembengkakakn serta menimbulkan warna kemerahan pada area persendian yang terkena asam urat.

Cara mengobati asam urat secara alami

Selain memeriksakan kondisi Anda ke dokter, Anda juga dapat memaksimalkan proses penyambuhan tersebut dengan menghindari mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung zat purin, olah raga teratur, cukup istirahat dan juga banyak minum ar putih yaitu sekitar 8 hingga 9 gelas setiap hari hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pembentukan asam urat yang berlebih dan membantu untuk mengeluarkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh dalam bentuk urin. Anda juga dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi berbagai jenis tanaman dari alam yang ampuh dalam mengatasi asam urat secara tradsional salah satunya adalah daun sirsak.

Dalam beberapa penelitian diperoleh hasil bahwa daun sirsak diketahui efektif dalam mengatasi berbagai jenis penyakit salah satunya adalah untuk mengatasi asam urat. Tanaman yang memiliki nama latin Annona  muricat L. ini mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah Alkoid, lactones (Annomutacina, Annohexocina, Annopentocinas A, B dan C, Annomuricina A, B, C dan E, Murihexocina A dan C, Gigantetronemina, Javoricina dan Muricoreacina), fruktosa, Isoquinoline (Anoniine, Atherospermine Anonaine dan Coreximine) vitamin (vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C), Acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin) dan Lipid (Asam Lignoceric, asam stearat, Asam Gentisic dan CLA)

Cara membuat:

Sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk mengobati asam urat, Anda dapat mengelola sendiri daun sirsak ini sendiri dirumah karena cara pembuatannya termasuk yang cukup mudah untuk dilakukan. Selengkapnya berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Cuci bersih 6 hingga 10 lembar daun sirsak dengan menggunakan air yang mengalir. Gunakanlah daun yang cukup tua dimana masih dapat terlihat warna hijaunya,

Potong-potong atau remas daun sirsak bersih yang sudah dikeringkan tersebut

Rebus daun sisak dalam 2 gelas air (400cc)

Biarkan sampai menyisakan 1 gelas air (200cc), kemudian saring

Untuk hasil yang maksimal disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun sirsak ini dengan rutin yaitu 2 kali sehari di pagi serta malam hari.

Selain daun sirsak bahan alam yang berkhasiat dalam mengatasi asam urat yang lainnya adalah Kumis kucing (Orthosiphon aristatus), Sambiloto (Adrographis panniculata). Daun Salam (Eugenia polyanta), Sidaguri (Sida rhombifolia), Lemon dan Buah Cerry. Sebelum digunakan, pastikan untuk menyuci bersih tanaman herbal tersebut dengan air mengalir, untuk menghilangkan berbagai jenis bakteri, kuman dan kotoran lainnya yang mungkin menempel.

0 komentar

Posting Komentar